Rabu, 21 Maret 2018

Business Entitas & Business Model (Welcome to New Semester BP4 )

Kuliah tamu kali ini pembicaranya namanya bapak Benaya V Jaya. Dipl-Ing 

Sekaligus membahas tentang Business Entitas dan Business Model. Apa itu Business entitas dan Business Model ?

Business Entitas yaitu merupakan konsep akuntansi yang didasarkan pada entitas usaha, yaitu membatasi data ekonomi dalam sistem akuntansi terhadap data yang berhubungan langsung dengan kegiatan usaha. Sedangkan Business Model sendiri adalah gambaran dasar bagaimana sebuah organisasi membuat strategi yang akan diimplementasikan ke seluruh organisasi, proses dan sistem. 


Sifat Bisnis :

> Setiap Usaha memiliki Business Model
> Sifatnya terdiri dari Core Business(mengoprasikan aktivitas utamanya) dan Supporting 
> Ada relasi timbal balik antara core dan supporting business

Jenis Business Model :

1. Jasa (Service)
2.  Produksi (Production)
3. Retail (Retail)


Business model ada eksternal dan juga ada internal. 
Dimana business model eksternal terdapat cost stream dan revenue stream. Cost stream adalah biaya yang harus di keluarkan untuk mendapatkan sesuatu. Sedangkan Revenue stream adalah pendapatan dari apa yang kita inginkan.


Business model internal terdapat :

1. Reserach & development (product development)
2. Finance ( Accounting Management, Financial Analysis, Reporting & Capital Mangement)
3. Administration (Product/Service delivery, Customer Relation)
4. Information Technology (technology mangement)
5. Quality Assurance(Quality&Process Improvement, Change management)
Dari kelima pilar di atas itulah yang paling mempengaruhi Business Development (Management respinsibility, Customer strategi & Aquatition, Employee Development) 

Business Model Canvas 
Bisnis Model Canvas adalah model bisnis yg terdiri dari 9 blok area aktivitas bisnis, yang memiliki tujuan memetakan strategi untuk membangun bisnis yang kuat, bisa memenangkan persaingan dan sukses dalam jangka panjang. Bisnis Model Canvas ini memiliki ciri khas dengan 9 blok model yang jika disatukan akan menjadi satu kesatuan bisnis:
1.        Customers Segment 
2.        Value Proposition
3.        Customer Relationship
4.        Channel
5.        Revenue Stream
6.        Key Resource
7.        Key Activities
8.        Key Partnership
9.        Cost Structure
Cara Memanfaatkan Bisnis Model Canvas
1.    Membangun Relasi Konsumen
Bisnis Model Canvas (BMC) penting untuk membangun relasi dengan konsumen. Relasi dengan konsumen penting agar konsumen kita tidak lari ke pesaing.
2.    Meningkatkan Penjualan
Ketika strategi marketing kita satukan melalui BMC ini, diharapkan target penjualan tercapai. Customer Segment,ChannelCustomer Relationship (3 Blok di BMC) memiliki tujuan untuk meningkatkan Penjualan
3.     Menghadapi Pesaing
Hal yang tidak kalah penting, ketika BMC sudah dijalankan adalah kita akan membangun bisnis yang kokoh untuk menghadapi pesaing.
4.    Memastikan Bisnis Berjalan
Seringkali kita bingung memulai dan menjalankan bisnis, di BMC ini kita memasukkan siapa-siapa saja yang nantinya akan mendukung bisnis kita berjalan. BMC ini penting untuk memetakan apa saja yang dibutuhkan agar bisnis kita tetap berjalan.
5.    Mempunyai Sistem Bisnis
BMC ini adalah cara yangg efektif untuk membuat sistem bisnis, tujuannya membuat bisnis makin efektif dan bisa menghasilkan maksimal meskipun kita tidak rutin berada di bisnis kita.


Oke temen-temen mungkin itu yang bisa saya sampaikan kuliah tamu pagi hari ini semoga bermanfaat informasi nya. Thankyou..... ^_^









Tidak ada komentar:

Posting Komentar